KEGIATAN PENDAMPINGAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGAMP) SMP NEGERI 5 PRABUMULIH

Prabumulih- SMP Negeri 5 Prabumulih mengadakan kegiatan Pendampingan Musyawarah Guru Antar Mata Pelajaran (MGAMP) dalam rangka mempersiapkan penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMP Negeri 5 Prabumulih yang dibuka pada hari Jum'at 28 Oktober 2022 kemarin.


Kegiatan yang dilaksanakan di gedung laboratorium IPA SMP Negeri 5 Prabumulih berlansung selama 3 hari dengan mengundang Narasumber yang berkompetan di Bidang IKM seperti Linggawati, S. Pd. yang merupakan co-captain Prabumulih dan Firdaus, S. Pd.,MM dari Badan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sumatera Selatan. 
Narasumber hari pertama

Narasumber hari kedua.


Kepala SMP 5 Negeri KotaPrabumulih, Nuraisyah Yany, S. Pd., M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pendampingan dilakukan dalam rangka persiapan penerapan IKM di SMPN 5 di tahun ajaran baru mendatang. "Meski SMPN 5 belum menerapkan IKM, namun para guru bisa mengadopsi IKM disekolah untuk persiapan. Kita memiliki waktu satu tahun untuk mempersiapkan diri jelang pelaksanaan IKM tahun ajaran baru," jelasnya.


Kepala Sekolah sampaikan sambutan

Sebelum kegiatan IKM, keluarga besar SMP Negeri 5 juga sudah banyak yang ikut pelatihan mandiri. Bahkan Kepala sekolah juga sudah mengikuti IKM secara mandiri, dan beberapa guru lainnya. Namun dalam pelaksanaan MGAMP kali ini, melibatkan seluruh Guru di SMPN 5 Prabumulih yang berjumlah sebanyak 65 orang.
Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan

Suasana Pendampingan 

"Untuk kegiatan secara mandiri sudah banyak guru SMP 5yang mengikuti, bahkan Kepsek juga sudah namun karena belum terdaftar sebagai pelaksana IKM maka belum bisa dikontrol melalui dashboard aplikasi. Karena itu, harapan kita kiranya paraguru bisa mengikuti kegiatan ini agar nanti di tahun ajaran baru bisa menerapkan IKM tanpahambatan apapun," harap Istri Pedro Santoso AB SPd MSi ini.

Diketahui Kegiatan pendampingan di SMP N 5 dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, yang diwakili Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Prabumulih Pedro Santoso AB SPd MSi yang didampingi oleh Kasi Kurikulum Agus Apriatno, S. Si dan pengawas managerial SMPN 5 Hairul Nisa, S. Pd M. Si.


Dalam sambutannya Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan KotaPrabumulih, Pedro Santoso AB, S. Pd., M. Si mengatakan, untuk menindaklanjuti kebijakan BPMP tentang Implementasi
Kurikulum Merdeka, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, menginstrusikan kepada sekolah agar dapat melaksanakan pengembangan materi kurikulum merdeka.
"Karena itulah SMP 5 Prabumulih melaksanakan pendampingan MGAMP bagi seluruh gurunya diharapkan dengan acara ini, guru guru di SMP 5 dapat memahami bentuk dan kontribusi guru dalam mendukung pelaksanaan IKM di SMPN 5, sehingga dapat mendukung program kerja Kota Prabumulih," harapnya.
Peserta Pose Bersama setelah acara dibuka oleh Kabid SMP.

Diketahui dalam rangkaian kegiatan, hari pertama langsung isi materi. Hari kedua aplikasi langsung , kemudian hari ketiga dilanjutkan dengan seminar virtual. Semuanya merupakan rangkaian pendampingan, para guru juga diberikan pengetahuan untuk mengoperasikan komputer dan menjadi admin seminar virtual.

Berikut Dokumentasi foto-foto kegiatan.


































Posting Komentar

0 Komentar