Meningkatkan minat belajar di rumah

 


Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pendidikan memiliki peranan yang sangat  penting, yaitu untuk menjamin kelangsungan kehidupan dan perkembangan bangsa itu sendiri. Pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat diprioritaskan dalam pembangunan nasional karena akan mewujudkan cita-cita mencerdaskan bangsa. Hal ini sebagaimana tercantum dalam undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (2003: 3) pasal 1 yang berbunyi: Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.

 

Pendidikan yang baik maka akan menghasilkan generasi-generasi yang bermutu, cerdas, dan berakhlaqul kharimah, karena pada dasarnya pendidikan itu mampu menjadikan speserta didiknya mengenal dirinya sendiri mampu mengembangkan potensi diri baik rohani serta jasmaninya. Dengan demikian peran daripada pendidikan tersebut begitu sangatlah penting di kehidupan manusia. Tujuan dari pendidikan ini adalah menunjukkan karakter yang ada pada diri peserta didik yang diinginkan dari peserta didik

 

Dalam proses kegiatan belajar minat belajar peserta didik terdapat dua bagian yakni minat dari dalam diri peserta didik yang datangnya dari diri individu itu sendiri, serta dari luar diri peserta didik seperti ( dirumah, sekolah, dan masyarakat). Selain dari faktor tersebut, minat juga besar pengaruhnya terhadap kondisi belajar peserta didik, Besarnya minat belajar peserta didik tentulah berbeda-beda, Bila materi pelajaran yang dipelajari oleh peserta didik tidaklah membuat ia menari untuk mempelajarinya maka ada rasa kebosanan dalam dirinya, peserta didik mulai segan untuk belajar, peserta didik tidak akan mendapatkan kepuasan materi yang ia pelajari disekolah, selain mengenai materi pelajaran, suasana belajar juga memiliki peran penting,

 

Penutupan sementara lembaga pendidikan sebagai upaya menahan penyebaran pendemi covid-19 di seluruh dunia berdampak pada jutaan pelajar, tidak kecuali di Indonesia. Gangguan dalam proses belajar langsung antara siswa dan guru dan pembatalan penilaian belajar berdampak pada psikologis anak didik dan menurunnya kualitas keterampilan murid serta mengurangi minat anak untuk belajar, Beban itu merupakan tanggung jawab semua elemen pendidikan khususnya negara dalam memfasilitasi kelangsungan sekolah bagi semua steakholders pendidikan guna melakukan pembelajaran jarak jauh. Bagaimana mestinya Indonesia merencanakan, mempersiapkan, dan mengatasi pemulihan covid 19, untuk menekan kerugian dunia pendidikan di masa mendatang.

 

Untuk itu dengan adanya penutupan sementara lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta berdampak pada peserta didik yang pada akhirnya mengharuskan mereka untuk belajar dirumah (Daring). Sudah berbulan-bulan mereka melakukan daring sejak virus corona masuk ke Indonesia, rasa bosan dan stress pun melanda peserta didik sehingga mengakibatkan turunnya minat belajar mereka karena mereka awalnya telah merasa bosan dan stress karena hanya dirumah saja.


Dewasa ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang begitu pesat sehingga mendorong berkembangnya dunia lembaga pendidikan yang memanfaatkan pembelajaran online untuk meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas belajar. Melalui pembelajaran online materi belajar dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Di samping itu, materi belajar dapat diperkaya dengan berbagai sumber pembelajaran termasuk multimedia. Pembelajaran online dilakukan dengan memanfaatkan teknologi khususnya internet. Pembelajaran online dilakukan dengan sistem belajar jarak jauh, dimana Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) tidak dilakukan secara tatap muka. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non cetak (audio/video), komputer/internet, siaran radio dan televise.

 

Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minat. Menurut pengertian secara psikologis, belajar merupakan suatu proses perubahan suatu proses perubahan yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, perubahanperubahan tersebut akan nyata dalam seluruh aspek tingkah laku, tujuan belajar adalah ingin mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan penanaman sikap atau mental nilai-nilai.


Dalam meminimalisir penyebaran COVID-19, pemerintah Indonesia menerapkan aturan PSBB. PSBB merupakan singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar. Pemerintah Indonesia melakukan usaha pembatasan sosial ini dengan membatasi kegiatan diluar rumah seperti kegiatan pendidikan yang telah dilakukan secara online melalui pembelajaran online. Pembelajaran Online memiliki beberapa dampak postif bagi siswa karena siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja.Tetapi, ada permasalahan yang dapat mengganggu proses pembelajaran online yaitu siswa memiliki minat belajar yang kurang ketika menjalankan pembelajaran online, padahal Minat belajar adalah hal penting dalam proses belajar. Minat dalam belajar memimiliki peran untuk menumbuhkan rasa senang, gairah, dan semangat untuk belajar. Kurangnya minat belajar pada pembelajaran online disebabkan pada proses pembelajaran online, siswa dapat menjadi kurang aktif dalam penyampaian pendapat dan pemikirannya, sehingga menyebabkan proses belajar yang membosankan. Apabila siswa mengalami kebosanan dalam belajar maka akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakkan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar.

 


Berikut adalah cara mencapai minat belajar:

1.     Meningkatkan Kualitas Guru untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.

Dalam proses pembelajaran online, guru adalah faktor penentu keberhasilan pembelajaran online. Guru adalah faktor dominan dalam penentuan kualitas pembelajaran. Pembelajaran yang memiliki kualitas yang baik, akan menghasilkan hasil belajar yang baik juga.

2.     Memilih Metode Pembelajaran yang Tepat

Guru  dituntut untuk dapat memilih metode belajar yang tepat untuk mengajar. Jika guru dapat memilih metode pembelajaran dengan tepat maka tujuan belajar akan tercapai dengan lebih mudah. Pemilihan metode belajar yang tepat juga akan meningkatkan motivasi belajar siswa dan minat belajar siswa sehingga akan tercipta suasana belajar yang menyenangkan.

3.     Memaksimalkan Fasilitas Pembelajaran

Dalam proses pembelajaran, pemanfaatan falitas belajar yang baik juga menentukan minat belajar dalam proses pembelajaran online. Pembelajaran online memerlukan fasilitas yang menunjang pembelajaran seperti internet, computer atau gawai. Pemanfaatan fasilitas yang baik akan memaksimalkan materi yang akan di sampaikan dengan memaksimalkan fungsi fasilitas yang ada. Pihak sekolah diharapkan memberikan dukungan yang optimal untuk mendukung pembelajaran online yang dilaksanakan oleh para gurunya. seperti penggadaan sumber belajar, komputer yang tersambung dengan internet, dan alatalat yang mendukung kegiatan pembelajaran bagi para guru. Sarana prasarana tersebut digunakan untuk mencari pengetahuan dan informasi dari berbagai sumber.

4.     Memanfaatkan Penggunaan Media

Minat belajar siswa pada pembelajaran online dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan penggunaan media yang menarik, sehingga akan membuat siswa tertarik kepada pembelajaran. Dalam hal ini, guru bisa membuat atau menggunakan media animasi untuk mendukung pembelajaran online. Contohnya, guru bisa membuat atau menggunakan media animasi untuk mendukung proses pembelajaran, yaitu dalam proses penyampaian materi pelajaran yang bersifat abstrak, sehingga dapat lebih mudah dimengerti dan lebih menarik. Media animasi yang digunakan dapat menggunakan powerpoint yang menarik, membuat bagan yang menarik, membuat poster, atau membuat animasi video.

5.     Melakukan Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi pada pembelajaran online penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan dengan melakukan evaluasi pada kembelajaran online maka dapat diketahui apakah pembelajaran dapat berjalan efektif atau tidak. Jika dirasa tidak efektif maka dapat melakukan modifikasi pada system pembelajaran yang sesuai dengan siswa

 

Semoga informasi beguna, tetap semangat dan selalu menebar kebaikan, Terimakasih.